Tips Membuat Kanopi Galvalum Murah Dan Aman

Diantara banyak pembaca, ada yang mencari cara untuk membuat kanopi galvalum yang murah tetapi aman. Sebenarnya sangat sulit untuk menyebutkan kata "murah" untuk sesuatu yang bersifat subyektif. Bisa jadi bagi seseorang suatu harga 10 ribu menjadi / terasa mahal, tapi bagi orang lain bisa jadi satu juta bisa dianggap murah.
Bagaimanapun kami harus bisa menterjemahkan kata "murah" untuk sebuah kanopi galvalum. Mungkin ini nanti menjadi semacam tips dan trik bagi anda dalam mensiasati budget/anggaran pengadaan kanopi yang anda inginkan.

Kanopi Galvalum Murah Dan Aman
Berkaitan dengan judul Tips Membuat Kanopi Galvalum Murah Dan Aman, maka untuk anda yang memiliki pembatasan budget bisa menggunakan tips dibawah ini :
  1. Pilihlah jenis baja ringan untuk rangka kanopi dengan harga yang murah tetapi aman.  Sebagai panduan yang mudah dalam memilih baja ringan batangan :
    • Merk Baja Ringan : Banyak sekali merk baja ringan galvalum di toko galvalum, mulai dari yang mahal sampai yang murah dengan berbagai variasi ketebalan dan bentuk profilnya. Merk mulai lysacht dari blue scope, sakti truss, kencana truss, global truss dan sebagainya tergantung mana yang anda suka / perlukan. Karena produsen baja ringan yang besar, tetap akan menjaga kualitas produksinya tanpa takut bersaing dengan harga jualnya.
    • Jenis Baja Ringan : Di Indonesia jenis baja ringan (yang telah masuk) dibedakan melalui lapisan anti karatnya (coating). Jenis Zincalum dan Galvalum (kami tidak membicarakan teknis dan komposisinya), dimana untuk Zincalum lebih cocok digunakan pada daerah pegunungan karena tidak tahan uap air garam, sedangkan galvalum lebih tahan. Akan tetapi menjadi suatu yang lazim / umum orang menyebut baja ringan sebagai galvalum. 
      Kaso dan reng baja ringan merk kencana
      Kaso dan reng baja ringan merk kencana
    • Tebal Baja Ringan : pilihlah tebal baja ringan galvalum minimal 0,6 mm untuk jarak bentang gording maksimal 6 meter, tebal 0,75 mm untuk jarak bentang gording 10 meter, diatas 10 meter gunakan baja ringan galvalum tebal 1 mm. Panduan tebal baja ringan ini sama untuk pembuatan rangka atap baja ringan.
    • Kekakuan Baja Ringan : sebagai material konstruksi yang digunakan untuk menerima beban lendutan, maka material baja ringan harus memiliki kekakuan yang cukup. Cara yang paling mudah untuk mengecek sifat kekakuan baja ringan adalah :
      • Ambil satu baja ringan profil C (kaso), pegang dengan dua tangan pada salah satu ujungnya
      • Angkat baja ringan tersebut pada ujungnya (baja ringan hanya bertumpu pada ujung bagian yang anda pegang)
      • Perhatikan sisi/posisi baja ringan apakah cenderung tetap lurus, ataukah ujung yang lain cenderung melintir kekiri/kekanan.
      • Baja ringan dikatakan memiliki kekakuan yang memenuhi syarat jika mampu menahan beratnya sendiri (berat baja ringan sendiri) tanpa melengkung ataupun melintir
    • Harga : Dari empat hal diatas berkaitan dengan tingkat "aman" dan biasanya, tingkat kualitas berbanding lurus dengan tingkat keamanan dan harga. Harga material baja ringan galvalum bisa anda bandingkan antar merk, tetapi secara umum berdasarkan urutan ketebalan, maka range harga baja ringan profil C (kaso) dengan panjang standar 6 meter adalah :
      • Baja ringan tebal 0,6 mm = range harga Rp 50.000 s/d 60.000,- per batang
      • Baja ringan tebal 0,75 mm = range harga Rp 65.000 s/d 75.000,- per batang
      • Baja ringan tebal 1 mm = range harga Rp 80.000 s/d 90.000,- per batang
  2. Gunakan model rangka kanopi baja ringan dengan prediksi jumlah dan biaya material paling sedikit. Menggunakan rangka baja ringan galvalum untuk membuat rangka kanopi, ada beberapa pilihan modelnya :
    • Model single flat (paling murah untuk biaya material) yaitu rangka kanopi model flat kaso tanpa reng dan tanpa di box. 
    • Model single gording  + reng
    • Model double (box) flat yaitu kaso (profil C) di bentuk box/hollow (kotak) jumlah material terpakai dua kali kaso single
    • Model double (box) gording + reng
    • Jarak antar kaso untuk kanopi idealnya 0,6 meter, tetapi bisa saja anda buat 0,9 bahkan 1,2 meter. Koneksi antar kaso dijepit diantara sisi atas dan bawah atau menempel sisi tegaknya.
  3. Pilihlah jenis penutup atap yang paling murah. Misalkan menggunakan spandek yang paling tipis 0,3 mm permeter panjang harganya sekitar 35 ribu. Yang mahalan banyak, mulai ondulin, genteng metal, samap roof top.
    Genteng metal
    Genteng metal
  4. Dikerjakan sendiri. Itu kalau ada waktu untuk mengerjakannya, kalau tidak anda harus memanggil tukang. Kelengkapan peralatan kerja tergolong sedikit, yaitu bor listrik dengan kunci sock, gunting baja ringan, screw SDS yang pendek untuk baja ringan galvalum, screw SDS yang panjang untuk penutup atap/spandek misalnya, dynabolt, meteran, selang untuk menimbang dan benang untuk mengukur kelurusan. Jangan lupa saat memasang penutup atap, terutama jika menggunakan versi termurah yaitu single flat, dibawah rangka harus diganjal dahulu agar tidak deformasi/"njeplok".

Dari penjelasan diatas, keputusan ada pada Anda untuk memilihnya. Yang mudah dan tidak ribet, serahkan saja pada ahlinya, yaitu aplikator baja ringan galvalum, Anda tinggal menawar harga saja.

Tips Membuat Kanopi Galvalum Murah Dan Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pemborong Galvalum

0 komentar:

Posting Komentar